Andra Ramadhan Ekslusif Trax Magazine.

Terima kasih banyak pada Robin van Nuar atas tulisan nya, pengen banget baca majalah trax edisi eklusif Andra Ramadhan, tapi belum dapet juga, namun beruntung sahabat backboners ada yang mo nulisin secara singkat isi majalah ni, yang pastinya berisi tentang perjalanan Andra dalam meniti karir nya, yuk kita baca.. he he..

Sebelumnya sempat berpikir bahwa album perdana ABB akan sukses seperti sekarang..??

Hmm..Lumayan, ha..ha..,tapi aku gak terlalu nyangka bangeet kalao pencapaianya bisa sebesar ini, karena memang awalnya aku hanya kepengen bikin album solo tapi bukan yang biasa-biasa..semua lagunya di pikirin dan melaluisebuah proses yang mana jika lagu itu tidak bagus maka kita gak keluarin.inti nya sih aku bikin side project yang serius, Tapi memang saat bikin lagu, contohnya “sempurna”. Aku sudah ngebayangin kalau lagu ini bakalan “jadi”. Semua orang pasti suka sama lagu ini dan bisa menjadi hits. Maka saat lagu itu meledak saya udah gak kaget.

Misal ternyata side project ini bisa lebih tenar dari Dewa19 gimana...??

Ya. Menurutku sih gak bisa di tandingin. Album side project ini kan baru 2 album dan kita masih seumur jagung. Sedangkan Dewa19 albumnya banyak dan perjalanan karirnya sudah panjang..
Bisa di katakan kalau Dewa19 itu udah legend, dan kita hanya sebuah side project serta belum bisa membuktikan apa-apa. Aku juga gak mau banding-bandingin antara Dewa19 dan ABB karena memang berbeda.


Dengan personilnya serta prestasi yang telah di capai, gimana seorang Andra melihat ABB..??

Kalau untuk prestasi aku sih udah sangat bersyukur bangeet. Dan ABB sekarang aku melihatnya lebih matang, di album pertama aku lebih ngeLead, karena saat itu aku masih meraba-raba karakter suara nya Dedy, sampai merubah nada dasar beberapa kali karena belum dapat karakter suara yang pas. Kemudian Dedy juga kaget dengan aktivitas barunya, ha..ha.. dulu dia kerja pake jari(menulis) sekarang dia kerja pake tenggorokan. Namun saat ini kita sudah semakin klik dan Solid. Lucunya untuk membuat kita semakin klik kita gak punya jadwal latihan tetap. Karena lagu ABB bukan berasal dari ngejam bareng. Semuanya aku yang konsep, setelah aku bikin dirumah, aku tinggal kasih ke Dedy dan Tepi nada dasarnya, ngelead dan sebagainya begitu jadi, baru kita Latihan, nah kadang di situ kesulitanya. Ha..ha..ha..ha...

Berarti di sini bertindak sebagai komando..??,, lantas adakah Campur tangan DHANI....???

Nggak, ya kalo ABB main ya Dewa19 gak maen,ha...ha... karena ada dua anggotanya disitu, tapi saat ini sih Dewa19 dan ABB sering maen bareng. Jadi gak ada masalah.

Rencana kedepan apakah akan menambah personil tetap...??

Dulu memang sempat kepikiran untuk menambah personil tetap, tapi sebelum album kedua rilis. Akhirnya kita putuskan untuk tetap bertiga. Itu juga setelah kita pertimbang matang-matang, dan adanya saran dari berbagai pihak., menurutku lebih enak bertiga biar gampang ngaturnya.

Kalo tiba-tiba berada dalam keadaan di suruh memilih antara Dewa19 dan ABB..??

Ha..ha...ha..ha... aku sih tetap pilih Dewa19, karena ini adalah hanya Side Project dan akan seterusnya begitu. Kecuali Dewa19 bubar atau kenapa-kenapa..itu lain cerita.

Setelah sekian lama di Dewa19 masih tetap sebagai gitaris atau sudah menjadi pengambil keputusan..??

Kalo pengambil keputusan sih tetap Dhani, tapi itu juga dia pasti konfirm dulu pada kita semua sebelum mengambil keputusan, terutama sama aku, jadi kaya pas nentuin lagu, ada beberapa yang ngomong dulu sama aku. Apakah lagu itu cocok atau tidak. Sebenarnya sih traficnya santai, tidak seperti kebanyakan orang. Dhani begitu, Dhani begini, nggak...!!! Dhani orangnya Santai kok terutama sama aku, pokoknya kalau orang yang belum kenal sama Dhani pasti selalu berpikir jelek, tapi kalo sudah kenal tak jamin hilang semua prasangka buruk itu.

Tapi saat bongkar pasang personil di Dewa, pernah di libatkan dalam mengambil keputusan??

Kalo itu pasti, seperti Aksan, Erwin, dan Ari, keputusan keluar juga bukan mutlak dari Dhani kok. Tapi juga dari member lain. Cuma memang Dhani yang ngomong jadi kesanya Dhani lah yang mengambil Keputusan.

Siapa yang paling lama di putuskan untuk keluar..??

Ari Lasso. Bahkan kejadian itu sempat bikin aku bertengkar hebat dengan Dhani.ya kita tahu Dhani itu prang yang gak pake basa-basi, sedangkan aku juga punya Argumen. Tapi akhirnya kita sama-sama lihat kedepanya dan aku lebih cooling Down.

Terus melihat karir Ari sekarang...??

Aku bangga, karirnya bisa bagus. Dan ternyata yang terjadi dulu adalah yang terbaik buat kami semua, baik buat Dewa19 dan baik buat Ari.

Melihat Ari dan Once..??

Mereka adalah dua karakter yang berbeda. Dari suara maupun orang nya. Ari adalah teman kecil kemudian main band. Jadi ikatanya kuat bangeet. Termasuk saat dia kena Drugs aku juga ikut sedih.
Sementara Once orang baru dan orangnya cukup pintar, karakter suaranya sangat cocok untuk Dewa19 yang sekarang.

Sempat merasa Ragu gak, ketika Ari keluar dari Dewa19..??

Waktu itu gak sempat berpikir ke situ. Saat itu aku juga gak langsung terima Once begitu aja. Aku dengerin dulu karakter suara once, tapi akhirnya aku Optimis karena suranya bagus bangeet.

thank to: Backboners Forum
Robin van Nuar

0 comments: