Lanjutan Andra Ramadhan Ekslusif Trax Magazine

hehe.. nih, lanjutan postingan sebelumnya (Andra Ramadhan Ekslusif Trax Magazine) klo belum baca yang dulu baca dulu yaw.. cause postingan yang dulu masih bersambung nih.. yukk kita baca lanjutan nya.

Dewa19 di mata Andra..??

Wah Piye yo..?? susah di omongin, karena saking besarnya ha..ha..kalo di bilang sebuah keluarga, sekarang makin banyak kan.?? Aku sih menganggapnyasih kayak suatu apa yah...jadi kalo di film silat, Dewa19 itu seperti kuil, disitu kita di gembleng. Bisa belajar banyak. Kemudian merantau pergi dan bisa balik lagi.! Gambaranya seperti itu.

Dulu Dewa bernuansa TOTO sekarang lebih ke Queen, Menurut Andra Gimana...??

Menurutku itu sebiah proses menuju pendewasaan. Dulu kita masih 19 tahun. Waktu itu kita memang dengerin TOTO. Makin dewasa makin banyak influencenya dan makin berkembang, terus sampai sekarang belum dapat pakemnya seperti ini. Yaah hanya sebuah proses.

Dulu saat ada Aksan Dewa19 lebih ke Jazz.?

Bukan Jazz, kalo aku bilang sih minimalis dan aku anggap album pandawa lima itu bagus bangeet..!!
Karena lagunya SoulFul banget, meski notasinya sederhana. Di situ aku main minimalis, melodinya minimalis tapi asyik banget. Makanya aku bilang Pandawa Lima adalah Album terfavorit, dan di situ Aksan pas bangeet. Dia adalah bagian dari salah satu elemen penting dari Album, kalo bukan aksan belum tentu bisa se-soulful ini.

Saat-saat terberat bersama Dewa19..??

Saat personil awal pada keluar, gimana rasanya setelah bertahun-tahun bareng, kemudian dia besok sudah gak ada. Setelah merasa seperti keluarga, tiba-tiba harus berpisah. Kemudian ada orang baru, mesti penyesuaian dan pengenalan lagi. Dan sebagainya.

Sampai ngapain aja ketika masalah itu terjadi..??

Aku sih pelarianya gak sampai minum minuman keras apa lagi Drugs..! paling pulang ke Surabaya, nongkrong di kamar sambil ngulik-ngulik gitar, lagu dan nungguin takdir selanjutnya, ha..ha..ha..

Sedahsyat apa sih Andra dan Dhani bertengkar..??

Waktu itu kita bertengkar soal ari lasso. Gak sampai fisik sih, tapi sampai menggunakan nada tinggi, hingga sampai puncaknya , Aku langsung pulang ke Surabaya. Dan itulah masalah yang paling besar dalam karir ku bermusik.

Sosok Dhani di mata Andra..??

Dhani orang yang pintar, jenius dalam bermusik, berpengetahuan luas. Kalo ngobrol sama dia asik bangeet. Kita bisa ngobrolin apa aja dan bisa nyambung. Kalo arogan..?? memang bawaan dia. Aku waktu pertama ngeliat Dhani berjalan, aku sempet bilang : “ini orang sombong banget!” lewat depan kelas. Aku selalu bilang “Sopo Arek Iki..??”[siapa anak ini.red]. tapi setelah kenal, asyik dan lama-lama tahu kalo Dhani orang yang gak suka basa-basi. Dan buat aku yaa bagus. Jadi dimana saat aku melakukan sesuatu yang gak sreg, dia langsung menegur. Itulah gunanya teman.!
Dhani sangat peduli terhadap teman, setia kawanya Luar biasa.., Dhani itu orang nya nyentrik, aneeh, tapi aku terima ke anehanya dia. Musisi jenius ya harus aneh..ha...ha..ha..

Di Dewa19 siapa sih personil yang paling asik di ajak ngobrol..??

Semua personil asik bangeet kalo di ajak ngobrol. Justru kalo sama Dhani jarang bangeet, karena dia urusanya banyak, ha..ha..ha..,Once suka ngobrol orangnya, malah gak kuat ngobrol sama dia soalnya kalo ngobrol kita bisa sampai pagi,Yuke juga enak, sama anggota baru Dewa, Agung yang juga main di Backbone, dia juga enak di ajak ngobrol.

Seperti apa sih suasana yang terjadi saat diskusi dengan Dhani..??

Ha..ha..ha..saat diskusi kita seakan melupakan segalanya. Jadi kita gak ada tingkatan leader atau apapun, pokoknya kaya lagi ngobrol layak nya teman biasa, gak ada nada tinggi, yah...malahan lebih santai dari saat kamu [trax] mewawancarai aku..ha...ha..ha...

Apa yang membuat Andra tidak di depak sama Dhani di Dewa19..??

Ha..ha..ha...aku gak tau sih dan istilah di depak kayaknya tidak seperti itu, mungkin karena aku sama Dhani memang cocok. Kalo aku sih jujur memang cocok sama Dhani, tapi aku gak tau kalo Dhani cocok sama aku atau gak..ha...ha..ha..karena sampai sekarang aku belum pernah nanya sama dia, dan aku memang gak mau banyak omong..semua urusanya Dhani aku gak mau tahu, dia mau ngapain kek, terserah kecuali nanyain saran atau apalah baru aku bicara..

Jadi sifat diam Andra sangat menguntungkan...??

Ya mungkin he..he...he.. pada dasarnya sih aku gak mau ikutan urusan orang lain, kalo perlu sih Dhani gak usah ngomong masalah pribadinya ke aku...aku gak mau denger..ha...ha...ha...kalo di ceritakan ikut denger dan akhirnya ikutan mikir, meski gak terlibat tapi karena denger aku jadi ikutan mikir.


Pernah jenuh sama gitar..??

Tentunya pernah, bahkan sering,itu terjadi saat aku main gitar gak mengalami peningkatan. Bahkan aku sempat gantung gitar selama 1 minggu tapi akhirnya balik lagi.

Influence terbesar...??

Joe Satriani dan Pat Metheny. Banyak gitaris yang aku suka namun untuk mengambil ilmunya terlalu susah. Jadi aku lebih suka dengerin ketimbang ngulik. Aku lebih suka gitaris yang mainin Soulful nya ketimbang Tehnik. Kecuali Joe Satriani yang Soulful dan Tekniknya bener-bener terasa.

Di mata Andra lagu masterpiece itu seperti apa..??

Dari segi musik nggak harus njilimet,meski chordnya biasa aja. Tapi lagu itu bisa menohok dan bikin merinding bulu kuduk kaya Flying In A Blue Dream nya Joe Satriani.

Lagu terbagus yang pernah di denger Andra..??

“Stairway To Heaven”. Punya Led Zeppelin.! . aku denger lagu itu kaya lagi ngeliat sebuah drama, awalnya petikan, terus naik..naik...klimax dan endingya pelan lagi. Itu keren banget. Tapi kalo album instrumental yang pertama kali aku denger ya Surfing With Alien nya Joe Satriani. Lucunya aku gak tahu kalo album itu album instrumental gitar . pas dengerin kok gak ada vokalnya. Tapi lama-kelamaan enak dan aku ulik deh. He..he..

Andra gak bikin Album Instrumental Gitar...??

Lho justru BackBone ini konsep awalnya adalah Instrumental, kaya JOE SATRIANI deh..
Tapi aku pikir lagi yang mau dengerin sopo..?? palingan cuma Gitaris doank.
Makanya aku ubah konsepnya dengan memasukan unsur Vokal tapi dengan Melody yang layaknya Instrumental atau rada panjang. Tapi tetap aku selipin nomor instrumental di tiap album, kaya SURRENDER dan 3 KEAJAIBAN.

Terakhir, apa obsessi terbesar Seorang Andra...??

Aku sih pengen ABB konser tunggal yang sangat besar, ada orkestra dan visulanya. Pokoknya nya di konsepin dengan matang

Thank to:
Robin van Nuar

0 comments: